E-government dan Pemanfaatan
Internet
Pengenalan E-government
E-Government merupakan kependekan dari elektronik
pemerintah. E-Government biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online
pemerintah atau pemerintah transformasi.E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan
kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan
proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam penerapan proses
kepemerintahan dengan menggunanakn Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), khususnya komputer dan internet atau yang disebut dengan
e-Government.Dalam prakteknya, e-Government adalah penggunaan Internet untuk
melaksanakan urusan pemerintah dan penyediaan
pelayanan publik yang lebih baik dan cara yang berorientasi
pada pelayanan masyarakat.
Secara ringkas tujuan
yang ingin dicapai dengan implementasi e-Government adalah untuk memberikan
pelayanan tanpa adanya intervensi pegawai institusi publik dan sistem antrian
yang panjang hanya untuk mendapatkan suatu pelayanan yang sederhana. Selain itu
e-Government juga bertujuan untuk mendukung good
governance. Penggunaan teknologi yang
mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi dapat mengurangi korupsi
dengan cara meningkatkan transparansi dan
akuntabilitas lembaga publik.
Selain hal tersebut, dengan
dibukanya akses informasi tersebut sehingga dapat memperluas partisipasi
publik dimana masyarakat dimungkinkan untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan/kebijakan oleh pemerintah.
E-Government juga diharapkan dapat memperbaiki
produktifitas dan efisiensi birokrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Ada empat model pengiriman E-Government, antara lain :
a)
Government-to-Customer
(G2C),
b)
Government-to-Business
(G2B),
c)
Government-to-Government
(G2G),
d)
Government-to-Employe
(G2E).
Adapun Manfaat e- government yang dapat dirasakan antara lain:
· Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara;
· Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN);
· Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
· Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
· Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada; dan
· Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.
Adapun Manfaat e- government yang dapat dirasakan antara lain:
· Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara;
· Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN);
· Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
· Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
· Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada; dan
· Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.
Manfaat e-government lainnya adalah sebagai berikut :
·
E-Government meningkatkan efisiensi: ICT membantu meningkatkan efisiensi tugas pemrosesan
massal dan operasi administrasi publik. Aplikasi berbasis internet dapat
melakukan penghematan pengumpulan dan transmisi data, serta penyediaan
informasi dan komunikasi dengan pelanggan. Efisiensi yang signifikan di
masa mendatang dilakukan melalui proses berbagi data antara pemerintah.
·
E-Government meningkatkan layanan: Mengadopsi
fokus pelanggan adalah inti dari agenda reformasi sat ini. Layanan yang
berhasil adalah yang dibangun atas pemahaman kebutuhan pelanggan. Fokus
pelanggan menyiratkan bahwa pengguna tidak perlu memahami struktur dan hubungan
pemerintah untuk berinteraksi dengan pemerintah. Internet dapat membantu
mencapai tujuan ini dengan memunculkan pemerintah sebagai organisasi terpadu
yang memberikan layanan online dengan lancar. Sama dengan semua layanan,
layanan e-government juga harus dikembangkan berdasarkan permintaan dan nilai pengguna.
·
E-Government membantu mencapai hasil kebijakan tertentu: ICT
dapat membantu pemangku kepentingan berbagi informasi dan ide, untuk kemudian
berkontribusi dalam menentukan hasil kebijakan. Misalnya, informasi dapat
mendorong penggunaan program pelatihan dan pendidikan serta proses berbagi
informasi antara pemerintah pusatdan daerah untuk memfasilitasi kebijakan
lingkungan. Meskipun demikian, proses berbagi informasi pada individu, akan
memunculkan isu perlindungan privasi, serta kompromi harus dipertimbangkan
secara cermat.
·
E-Government berkontribusi terhadap tujuan kebijakan
ekonomi: E-Government membantu mengurangi
korupsi, meningkatkan keterbukaan dan kepercayaan terhadap pemerintah,
serta berkontribusi terhadap tujuan kebijakan ekonomi. Dampak spesifik mencakup
penurunan pengeluaran pemerintah melalui program yang lebih efektif, efisiensi
serta peningkatan produktivitas bisnis melalui penyederhanaan administrasi yang
dimungkinkan oleh ICT dan peningkatan informasi pemerintah.
·
E-Government adalah kontributor reformasi utama: Mayoritas
Negara sedang menghadapi isu modernisasi dan reformasi manajemen publik.
Perkembangan saat ini berarti bahwa proses reformasi harus berkelanjutan. ICT
telah mendukung reformasi di banyak wilayah, misalnya dengan meningkatkan
transparansi, memfasilitasi proses berbagi informasi dan menyoroti
inkonsistensi internal.
·
E-Government membantu membangun kepercayaan antara Pemerintah
dan warganya: Membangun kepercayaan antara
pemerintah dan warganya sangat fundamental bagi pemerintahan yang baik. ICT
dapat membantu membangun kepercayaan dengan memungkinkan keterlibatan warga
dalam proses kebijakan, mempromosikan pemerintah yang terbuka dan bertanggung
jawab serta membantu mencegah korupsi. Selain itu, jika batasan dan tantangan diatasi
dengan baik, e-government dapat membantu memperdengarkan suara rakyat agar
diperdebatkan dengan lebih luas. Proses ini dilakukan dengan memanfaatkan ICT
untuk mendorong warga agar dapat memberikan saran yang membangun mengenai isu
publik dan menilai dampak penerapan teknologi untuk membuka proses kebijakan.
·
E-Government meningkatkan transparansi dan tanggung jawab: ICT
membantu meningkatkan transparansi dalam proses pengambilan keputusan dengan
memudahkan informasi untuk dapat diakses – mempublikasikan debat dan rapat,
anggaran dan pengeluaran, hasil dan alasan pemerintah untuk mengambil suatu
keputusan penting, dll.;
E-Government merupakan urat nadi
pemerintahan. Meskipun masih relatif muda, namun tidak sedikit uang rakyat
digunakan bagi pengembangan teknologi informasi bagi operasionalisasi
pemerintahan dan pelayanan umum. Namun demikian, E-Government belum menunjukkan
manfaat yang signifikan bagi efektifitas dan efisiensi jalannya pemerintahan
dan pelayanan umum yang terbaik.
Bank Dunia (World Bank),
“E-Government refers to the use by government agencies of information
technologies (such as Wide Area Networks, the Internet, and mobile computing)
that have the ability to transform relations with citizens, businesses, and
other arms of government.” "E-Government mengacu pada penggunaan oleh
instansi pemerintah teknologi informasi (seperti Wide Area Networks, Internet,
dan mobile computing) yang memiliki kemampuan untuk mengubah hubungan dengan
warga, bisnis, dan lengan lain dari pemerintah."
Kesimpulan
Keuntungan yang diperoleh dari
e-government bukan hanya sekedar menyediakan pelayanan online tetapi lebih luas
daripada itu, karena kinerja sektor publik juga berkontribusi pada kemajuan
ekonomi dan sosial suatu negara. Secara garis besar dari definisi-definisi yang
beredar mengenai E-Gov dapat disimpulkan bahwa E-Gov mempunyai beberapa
penekanan penting yaitu pada:
·
Adanya
pemanfaatan teknologi informasi (Internet, WAN, Mobile Computing dll).
·
Adanya
tujuan untuk meningkatkan layanan kepada publik yaitu dengan adanya pelayanan
umum secara online (Online Public Services)
·
Adanya
tujuan untuk melakukan transformasi hubungan antara agen pemerintah dengan
penduduk, bisnis ataupun dengan unit pemerintah lainnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar