Minggu, 08 November 2015

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR BAB 7

MASYARAKAT  PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN

1.         MASYARAKAT    PERKOTAAN,   ASPEK-ASPEK     POSITIF DAN  NEGATIF

    A.  PENGERTIAN MASYARAKAT

Sebelum kita bicara lebih lanjut masalah masyarakat,  baiklah kita tinjau dulu definisi  tentang masyarakat. Definisi   adalah   uraian   ringkas   untuk   memberikan   batasan-batasan mengenai sesuatu persoalan atau pengertian ditinjau daripada analisis. Analisis Inilah yang memberikan  arti yang jernih  dan kokoh dari sesuatu pengertian.
Mengenai  arti  masyarakat,  baiklah  di  sini    kita  kemukakan  beberapa definisi mengenai  masyarakat  dari para sarjana,  seperti misalnya  :
1)         R. Linton:   Seorang ahli antropologi  mengemukakan,  bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telaha cukup lama hidup dan bekerjasama,   sehingga   mereka  ini  dapat  mengorganisasikan    dirinya berpikir  tentang  dirinya  dalam  satu kesatuan  sosial dengan  batas-batas tertentu.

2)         M.J.  Herskovits   :  Mengatakan   bahwa  masyarakat   adalah  kelompok individu  yang diorganisasikan  dan mengikuti  satu cara hidup tertentu.

3)         J.L.  Gillin  dan  J.P.  Gillin   :  Mengatakan   bahwa  masyarakat   adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan  persatuan  yang sarna. Masyarakat itu meliputi pengelompokan-pengelompokan  yang lebih kecil.

4)         S.R. Steinmetz:  Seorang  sosiolog  bangsa  Belanda   mengatakan,  bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar, yanag meliputi pengelompokan-pengelompokan    manusia   yang   lebih   kecil,   yang mempunyai  perhubungan  yang erat ada teratur.

5)         Hasan Shadily  : mendefinisikan  masyarakat  adalah golongan  besar atau kecil dari beberapa manusia, yang dengan pengaruh bertalian secara golongan  dan mempunyai  pengaruh  kebatinan  satusama  lain.

Kalau kita mengikuti  definisi  Linton,  maka masyarakat  itu timbul  dari setiap kumpulan  individu,  yang  telah  lama  hidup  dan bekerja  sarna dalam waktu  yang  cukup  lama.  Kelompok  manusia  yang  dimaksud  di  atas  yang belum terorganisasikan  mengalami  proses  yang fundamental,  yaitu :

a)    Adaptasi   dan  organisasi    dari  tingkah   laku    para  anggota.

b)    Timbul   perasaan   berkelompok    secara  lambat    laun  atau  I esprit  de cerpa.

Proses    ini   biasanya    tanpa   disadari    dan   diikuti    oleh   semua    anggota kelompok   dalam   suasana   trial  and  error.   Dari  uraian   terse but  di  atas  dapat kita  lihat  bahwa   masyarakat    dapat  mempunyai    arti  yang  luas  dan  arti  yang sempit.  Dalam  arti luas  masyarakat   dimaksud   keseluruhan   hubungan-hubungan dalam    hidup    bersama    dan   tidak    dibatasi    oleh   lingkungan,      bangsa    dan sebagainya.   Atau  dengan  kat a lain:   kebulatan   dari  semua  perhubungan    dalam hidup   bermasyarakat.     Dalam   arti  sempit   masyarakat    dimaksud    sekelompok manusia   yang  dibatasi   oleh  aspek-aspek    tertentu,   misalnya   teritorial,   bangsa, golongan   dan  sebagainya. Umpama    :  ada   masyarakat    Jawa,   ada   masyarakat    Sunda,   masyarakat Minang,  masyarakat   mahasiswa,masyarakat   petani,  dan sebagainya,   dipakailah kata  masyarakat    itu  dalam   arti  sempit.

Mengingat    definisi-definisi      masyarakat     atersebut    di  atas   maka   dapat diambil  kesimpulan,   bahwa  masyarakat   harus  mempunyai   syarat-syarat   sebagai berikut   :
a)    Harus  ada pengumpulan    manusia,   dan  harus  banyak,  bukan  pengumpulan binatang;
b)    Telah  bertempat   tinggal  dalam  waktu  yang  lama  di suatu  daerah  tertentu;
c)    Adanya   aturan-aturan    atau  undang-undang    yang  mengatur   mereka   untuk menuju   kepada   kepentingan    dan  tujuan   bersama.

Dipandang    dari  cara  terbentuknya,     masyarakat    dapat  dibagi   dalam :

1)     Masyarakat    paksaan,    misalnya    : negara,   masyarakat    tawanan   dan  lain­
lain.
2)    Masyarakat    merdeka,   yang  terbagi   dalam :
(a)   Masyarakat    natuur,  yaitu  masyarakat   yang  terjadi  dengan  sendirinya, seperti    gerombolan     (horde),    suku   (starn),    yang   bertalian    karena hubungan   darah   atau  keturunan. Dan  biasanya   masih   sederhana   sekali   kebudayaannya.
(b)   Masyarakat   kultur,  yaitu  masyarakat   yang  terjadi  karen a kepentingan


Apabila     kita    berbicara      tentang      masyaruk   at.   terutama      jika    kita mengemukakannya          dari    sudut     antropologi,        maka    kita    mempunyai kecenderungan     untuk  melihat   '2  tipe  masyarakat    :
Pertama,   satu  masyarakat   kecil  yang  belum  begitu  kompleks,   yang  belum mengenal    pembagian    kerja,   belum   mengenal    struktur   dan   aspek-aspeknya masih  dapat   dipelajari    sebagai   satu  kesatuan.
Kedua,  masyarakat   yang  sudah  kompleks.   yang  sudah  jauh   menjalankan spesialisasi    dalam   segala  bidang.   karena   ilmu   pengetahuan     modern   sudah maju,   teknologi   maju.   sudah   mengenal   tulisan.   satu  masyarakat    yang  sukar diselidiki   dengan   baik  dan  didekati   sebagian   saja.

Sebenarnya   pembagian   masyarakat   dalarn   2 tipe itu hanya  untuk  keperluan penyelidikan     saja.   Dalam   satu  mas a  sejarah   antropologi,    masyarakat    yang sederhana     itu   menjadi    obyek   penyelidikan      dari   antropologi,      khususnya antropologi    sosial.   Sedang   masyarakat   yang  kompleks.   adalah   terjadi   obyek penyelidikan    sosiologi. Sekarang    ruang   lingkup   penyelidikan     antropologi    dan   sosiologi    tidak mempunyai   batas-batas    yang jelas.   Hanya  pada  metode-metode    penyelidikan ada  beberapa   perbedaan.    Antropologi    sosial   mengarahkan    penyelidikannya ke  arah  perkotaan,   sedang  sosiologi   melebarkan   studinya   ke daerah  pedesaan. Sebenarnya   dua tipe  masyarakat   itu berbeda  secara  gradual  saja,  bukan  secara prinsipil.


    B.  MASYARAKAT PERKOTAAN

Masyarakat  perkotaan  sering disebut juga urban community.  Pengertian masyarakat  kota lebih ditekankan  pada sifat-sifat  kehidupannya   serta ciri-ciri kehidupannya    yang  berbeda   dengan   masyarakat    pedesaan.
Perhatian   khusus  masyarakat   kota  tidak  terbatas  pada  aspek-aspek    seperti pakaian,    makanan    dan  peru mahan.   tetapi   rnempunyai    perhatian    lebih   luas lagi.   Orang-orang     kota   sudah   memandang     penggunaan     kebutuhan    hidup, artinya   oleh   hanya   sekadarnya    atau   apa   adanya.   Hal  ini  disebabkan    oleh karena   pandangan    warga   kota   sekitarnya.    Kalau   menghidangkan     makanan misalnya,  yang  diutamakan   adalah  bahwa  yang menghidangkannya    mempunyai kedudukan      sosial    yang    tinggi.     Bila    ada   tamu    misalnya,      diusahakan menghidangkan    makanan-makanan     yang  ada dalam  kaleng.  Pada  orang-orang desa    ada    kesan,     bahwa     mereka     masak     makanan      itu   sendiri     tanpa memperdulikan      apakah    tamu-tamunya     suka   at au  tidak.   Pada   orang   kota, makanan       yang     dihidangkan         harus     kelihatan       mewah      dan    tempat penghidangannya    juga  harus  mewah  dan  terhormat.   Di sini  terlihat  perbedaan penilaian.    Orang   desa   memandang    makanan    sebagai   suatu   alat   rnemenuhi kebutuhan   biologis,   sedangkan   pada  orang  kota,  makanan   sebagai   alat  untuk memenuhi    kebutuhan    so sial.   Dernikian    pula   masalah   pakaian,    orang   kota memandang   pakaian  pun  sebagai   alat  kebutuhan   sosial.  Bahkan  pakaian   yang dipakai   merupakan    perwujudan    dari  kedudukan    sosial   si  pemakai.


    C.   PERBEDAAN DESA DAN KOTA

Ada   beberapa    ciri   yang   dapat   dipergunakan     sebagai    petunjuk    untuk membedakan   antara  desa dan kota.  Dengan  melihat  pcrbedaan-perbedaan     yang ada  mudah-rnudahan     akan   dapat   mengurangi    kesulitan    dalam   menentukan apakah   suatu   masyarakat    dapat   disebut    sebagai   masyarakat    pedesaan    atau masyarakat    perkotaan.

Ciri-ciri   tersebut   antara   lain:

1)  jumlah   dan  kepadatan   penduduk;

2) lingkungan    hidup;

3) mata  pencaharian;

4) corak   kehidupan    sosial;

5) stratifikasi    sosial;

6) mobilitas   sosial;

7) pola  interaksi   sosial;

8) solidaritas    sosial;   dan

9) kedudukan    dalam   hierarki   sistem   administrasi    nasional.



Meskipun     tidak    ada   ukuran    pasti,    kota   memiliki     penduduk     yanag jumlahnya    lebih  ban yak  dibandingkan    desa.   Hal  ini  mempunyai    kaitan   erat dengan  kepadatan   penduduk,   yaitu  jumlah   penduduk   yang  tinggal  pada  suatu luas  wilayah  tertentu,   misalnya   saja jumlah   per  KM  " (kilometer   persegi)   atau jumlah   per  hektar.   Kepadatan   penduduk   ini  mempunyai   pengaruh   yang  besar terhadap   pol a  pembangunan     perumahan.    Di  desa  jumlah   penduduk    sedikit, tanah  untuk  keperluan   perumahan    cenderung    ke  arah  horisontal,   jarang   ada bangunan      rumah     bertingkat.       J adi   karena     pelebaran       samping      tidak memungkinkan    maka  untuk  memenuhi   bertambahnya    kebutuhan   perumahan, pengembangannya     mengarah   ke  atas.

Lingkungan   hidup  di pedesaan   sangat  jauh  berbeda  dengan  di perkotaan. Lingkungan   pedesaan   terasa  lebih  dekat  dengan  alam  bebas.  Udaranya   bersih, sinar   matahari    cukup,    tanahnya    segar   diselimuti     berbagai    jenis    tumbuh­ tumbuhan    dan   berbagai    satwa   yang   terdapat    di  sela-sela    pepohonan,     di permukaan    tanah,   di  rongga-rongga     bawah   tanah   ataupun   berterbangan     di udara   bebas.   Air   yang   menetes,    merembes    atau   memancar    dari   sumber­ sumbernya   dan  kemudian   mengalir   melalui  anak-anak   sungai  mengairi   petak­ petak  persawahan.    Semua   ini  sangat  berlainan   dengan   Iingkungan   perkotaan yang  sebagian   besar  dilapisi   beton  dan  aspal.  Bangunan – bangunan menjulang tinggi saling berdesak – desakan dan kadang – kadang berdampingan dan berhimpitan dengan gubug – gubug liar dan pemukiman yang padat.

2.   HUBUNGAN DESA DAN KOTA.

Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komunitas yang terpisah sama  sekali  satu  sama  lain.  Bahkan  dalam  keadaan  yang  wajar  di  antara keduanya  terdapat  hubungan  yang erat, bersifat   ketergantungan,  karena  di antara  mereka   saling  membutuhkan.   Kota  tergantung   pada  desa  dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan-bahan pangan seperti beras, sayur­ mayur, daging dan ikan.Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis­ jenis pekerjaan tertentu di kota, misalnya saja buruh bangunan dalam proyek­ proyek  perumahan,   proyek  pembangunan   at au  perbaikan  jalan  raya  atau jembatan dan tukang becak. Mereka ini biasanya adalah pekerja-pekerja musiman.  Pada  saat  musim  tan am  mereta,   sibuk  bekerja  di  sawah.  Bila pekerjaan  di bidang  pertanian  mulai  menyurut,  sementara  menunggu  masa panen mereka merantau ke kota terdekat untuk melakukan pekerjaan apa saja yang tersedia.

Sebaliknya, kota menghasilkan  barang-barang  yang juga diperlukan oleh orang desa seperti bahan-bahan pakaian, alat dan obat-obatan pembasmi hama pertanian, minyak tanah, obat-obatan untuk memelihara kesehatan dan alat transportasi.  Kota juga  menyediakan  tenaga-tenaga  yang  melayani  bidang­ bidang jasa yang dibutuhkan oleh orang desa tetapi tidak dapat dilakukannya sendiri, misalnya saja tenaga-tenaga  di bidang medis atau kesehatan,  montir­ montir, elektronika dan alat transportasi serta tenaga yang mampu memberikan bimbingan  dalam  upaya peningkatan  hasil  budi daya pertanian,  peternakan ataupun  perikanan  darat. Dalam  kenyataannya  hal  ideal  tersebut  kadang-kadang  tidak  terwujud karena  adanya  beberapa  pembatas.  Jumlah  penduduk  semakin  meningkat, tidak terkecuali  di pedesaan.  Padahal,  luas lahan pertanian  sulit bertambah,


terutama     di   daerah    yang   sudah    lama   berkembang      seperti    pulau    Jawa.

Peningkatan   hasil  pertanian   hanya  dapat  diusahakan   melalui  intensifikasi   budi daya  di  bidang   ini.    Akan  tetapi,   pertambahan    hasil  pangan   yang  diperoleh melalui   upaya  intensifikasi    ini,  tidak  sebanding   dengan   pertambahan    jumlah penduduk,    sehingga   pada   suatu   saat  hasil   pertanian    suatu   daerah   pedesaan hanya  cukup   untuk  me menu hi kebutuhan   penduduknya    saja,  tidak  kelebihan yang  dapat  dijual  lagi.  Dalam  keadaan   semacam   ini,  kotaterpaksa    memenuhi kebutuhan     pangannya     dari   daerah    lain,   bahkan    kadang-kadang      terpaksa mengimpor    dari  luar  negeri.   Peningkatan    jumlah   penduduk   tanpa  diimbangi dengan   perluasan    kesempatan    kerja   ini  pada   akhirnya    berakibat    bahwa   di pedesaan    terdapat   banyak   orang   yang   tidak   mempunyai    mata   pencaharian tetap.    Mereka     ini   merupakan      kelompok     pengangguran,        baik    sebagai pengangguran    penuh   maupun   setengah   pengangguran.





3.  ASPEK POSITIF DAN NEGATIF


Untuk  menunjang  aktivitas  warganya  serta  untuk  memberikan  suasana aman, tenteram dan nyaman pada warganya, kota dihadapkan pada keharusan menyediakan berbagai fasilitas kehidupan dan keharusan untuk mengatasi berbagai  masalah  yang  timbul  sebagai  akibat  aktivitas  warganya.  Dengan kata lain kota harus berkembang.

Perkembangan  kota  merupakan  manifestasi  dari pola kehidupan  sosial, ekonomi,  kebudayaan  dan politik.  Kesemuanya  ini akan dicerminkan  dalam komponen-komponen  yang membentuk struktur kota tersebut. lumlah dan kualitas  komponen  suatu kota sangat ditentukan  oleh tingkat perkembangan dan pertumbuhan kota tersebut. Secara umum dapat dikenal bahwa suatu lingkungan  perkotaan,  seyogyanya  mengandung  5 unsur yang meliputi  :

a)         Wisma  : Unsur  ini  merupakan  bagian  ruang  kota  yang  dipergunakan untuk tempat berlindung terhadap alam sekelilingnya,  serta untuk melangsungkan  kegiatan-kegiatan   sosial  dalam  keluarga.  Unsur  wisma ini mengharapkan  :

1)         Dapat  mengembangkan   daerah  peru mahan  penduduk  yang  sesuai pertambahan  kebutuhan  penduduk  untuk masa mendatang;

2)         Memperbaiki  keadaan  lingkungan  perumahan  yang  telah  ada  agar dapat mencapai standar mutu kehidupan yang layak, dan memberikan nilai-nilai  lingkungan  yang aman dan menyenangkan.





b)         Karya:     Unsur   ini  merupakan    syarat   yang   utama   bagi   eksistensi    suatu kota,  karena  unsur  ini merupakan  jaminan   bagi  kehidupan   bermasyarakat.
Penyediaan     lapangan   kerja  bagi  suatu  kota  dapat  dilakukan   dengan   cara menyediakan             ruang;   misalnya   bagi  kegiatan   perindustrian,    perdagangan, pelabuhan,    terminal   serta  kegiatan-kegiatan     kerja   lainnya.

c)         Marga:      Unsur   ini  merupakan    ruang   perkotaan    yang   berfungsi    untuk menyelenggarakan            hubungan   antara  suatu  tempat  dengan   tempat  lainnya di dalam  kota  (hubungan   internal),   serta  hubungan   an tara  kota  itu dengan kota-kota   atau  daerah   lainnya   (hubungan   eksternal).    Di  dalam   unsur  ini termasuk    :

1)         Usaha  pengembangan    jaringan   jalan  dan  fasilitas-fasilitasnya      (termi­ nal,  parkir,  dan  lain-lain)   yang  memungkinkan    pemberian   pelayanan seefisien   mungkin;

2)         Pengembangan     jaringan    telekomunikasi     sebagai   suatu   bagian   dari sistem   transportasi    dan  komunikasi    kota  secara   keseluruhan.

d)        Suka:      Unsur    ini   merupakan     bagian    dari   ruang    perkantoran      untuk memenuhi   kebutuhan   penduduk   akan  fasilitas-fasilitas     hiburan,   rekreasi, pertamanan,kebudayaan    dan  kesenian.

e)         Penyempurnaan:       Unsur   ini  merupakan    bagian   yang  penting   bagi  suatu kota,  tetapi  belum  secara  tepat  tercakup   ke dalam  ke empat  unsur  di atas, termasuk   fasilitas   keagamaan,    pekuburan    kota,  fasilitas   pendidikan    dan kesehatan,   jaringan    utilitas   umum.

Kelima  unsur  pokok  ini merupakan   pola  pokok  dari kornponen-komponen perkotaan     yang    kuantitas     dan   kualitasnya      kemudian     dirinci    di   dalam perencanaan   suatu  kota tertentu  sesuai  dengan  tuntutan  kebutuhan   yang  spesifik untuk   kota  terse but  pada  saat  sekarang   dan  masa  yang  akan  datang.

Pemecahan   masalah-masalah    tersebut  atau pencapaian   persyaratan   di atas, hendaknya   dituangkan   dalam  suatu  kebijaksanaan   dasar   yang  dikaitkan  dengan pengembangan     wilayah   dan  interaksi   kota  dan  sekitamya    secara  berimbang dan  harmonis.   Untuk  itu  semua,   maka  fungsi  dan  tugas  aparatur   Pemerintah Kota  harus  ditingkatkan    :

1)         Aparatur   kota  harus  dapat   menangani    pelbagai   masalah   yang  timbul   di kota.    Untuk    itu,   maka   pengetahuan      tentang    administrasi      kota   dan perencanaankota  harus  dimilikinya;





2)         Kelancaran    dalam   pelaksanaan    pembangunan     dan  pengaturan    tata  kat a harus   dikerjakan     dengan    cepat   dan   tepat,   agar   tidak   disusul    dengan masalah   lainnya;
3)         Masalah   keamanan   kota  harus  dapat  ditangani   dengan   baik  sebab  kalau tidak,   maka  kegelisahan    penduduk    akan  menimbulkan    masalah   baru;
4)         Dalarn  rangka pemekaran  kota, harus ditingkatkan  kerjasama  yang baik antara para pemimpin di kota dengan para pemimpin di tingkat Kabupaten, tetapi juga  dapat bermanfaat  bagi wilayah  Kabuaten  di sekitarnya.

Oleh karena  itu maka kebijaksanaan  perencanaan  dan mengembangkan kota harus dapat dilihat dalam kerangka pendekatan yang luas yaitu pendekatan regional. Rumusan pengembangan kota seperti itu tergambar dalam pendekatan penanganan  masalah  kota sebagai berikut  :
1)   Menekan angka kelahiran;
2)   Mengalihkan  pusat pembangunan  pabrik  (industri)  ke pinggiran  kota;
3)   Membendung  urbanisasi;
4)    Mendirikan  kota satelit  di mana pembukaan  usaha relatif  rendah;
5)         Meningkatkan  fungsi  dan peranan  kota-kota  kecil  atau desa-desa  yang telah ada di sekitar kota besar;
6)   Transmigrasi  bagi warga yang miskin dan tidak mempunyai  pekerjaan.

Kota secara internal  pada hakikatnya  merupakan  satu organisme,  yakni kesatuan  integral  dari tiga  komponen,  meliputi  "Penduduk,  kegiatan  usaha dan wadah" ruang fisiknya. Ketiganya saling berkait, pengaruh-mempengaruhi, oleh karenanya  suatu pengembangan  yang tidak seimbang antara ketiganya, akan menimbulkan kondisi kota yang tidak positif, antara lain semakin menurunnya   kualitas   hidup   masyarakat   kota.   Dengan   kat a  lain,   suatu perkembangan kota harus mengarah pada penyesuaian lingkungan fisik ruang kota dengan perkembangan  sosial dan kegiatan  usaha masyarakat  kota.

Di pihak lain, kota mempunyai juga peran/fungsi esternal, yakni seberapa jauh  fungsi  dan  peran  kota  tersebut  dalam  kerangka  wilayah  dan  daerah­ daerah yang dilingkupi dan melingkupinya, baik dalam skala regional maupun nasional. Dengan pengertian ini diharapkan bahwa suatu pengembangan  kota tidak  mengarah  pad a  satu  organ  tersendiri   yang  terpisah  dengan  daerah sekitarnya,  karena  keduanya  saling pengaruh-mempengaruhi.


4. MASYARAKAT   PEDESAAN


    A. PENGERTIAN DESA/PEDESAAN

Yang   dimaksud   dengan   desa   menurut   Sutardjo   Kartohadikusuma mengemukakan  sebagai berikut  : Desa adalah suatu kesatuan hukum di mana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan  sendiri. Menurut  Bintarto  desa  merupakan  perwujudan  atau  kesatuan  geografi, sosial,  ekonomi,  politik  dan  kultural  yang  terdapat  di  situ  (suatu  daerah) dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal-balik dengan daerah lain. Sedangkan  menurut Paul H. Landis:   Desa adalah penduduknya  kurang dari 2.500 jiwa.

Dengan ciri-cirinya  sebagai berikut  :

a)    Mempunyai  pergaulan  hidup yang  saling kenai mengenal  antara ribuan
jiwa.
b)   Ada pertalian perasaan yang sarna tentang kesukaan terhadap kebiasaan.
c)    Cara berusaha (ekonomi)  adalah agraris yang paling umum yang sangat
dipengaruhi alam seperti : iklim, keadaan alam, kekayaan alam, sedangkan pekerjaan  yang bukan agraris  adalah bersifat  sambilan.

Masyarakat  pedesaan  ditandai  dengan  pemilikan  ikatan  perasaan  batin yang kuat sesama warga desa, yaitu perasaan setiap wargaJanggota masyarakat yang amat kuat yang hakikatnya, bahwa seseorang merasa merupakan bagian yang  tidak  dapat  dipisahkan  dari  masyarakat  di mana  ia hidup dicintainya serta mempunyai perasaan bersedia untuk berkorban setiap waktu demi masyarakatnya  atau anggota-anggota  masyarakat,  karena beranggapan  sama­ sarna sebagai anggota masyarakat yang saling mencintai saling menghormati, mempunyai  hak tanggung jawab yang sarna terhadap  keselamatan  dan kebahagian  bersama  di dalam  masyarakat.

Adapun yang menjadi ciri-ciri  masyarakat  pedesaan  antara lain sebagai berikut  :

a)         Di dalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang  lebih  mendalam  dan  erat  bila  dibandingkan   dengan  masyarakat pedesaan lainnya   di  luar  batas-batas    wilayahnya;

b)    Sistem   kehidupan    umumnya    berkelompok     dengan   dasar   kekeluargaan
(Gemeinschaft    at au  paguyuban).

c)     Sebagian     besar    warga    masyarakat      pedesaan     hidup    dari   pertanian.
Pekerjaan-pekerjaan     yang  bukan  pertanian   merupakan   pekerjaan   sambilan
(part  time)  yang  biasanya   sebagai   pengisi   waktu   luang.

d)        Masyarakat    tersebut   homogen,   seperti  dalam  hal  mata  pencarian,   agama, adat-istiadat    dan  sebagainya.

Oleh   karena   anggota   masyarakat    mempunyai    kepentingan    pokok   yang hampir  sarna,  maka  mereka  selalu  bekerja   sarna untuk  mencapai   kepentingan­ kepentingan    mereka.   Seperti   pada   waktu   mendirikan    rumah,   upacara   pesta perkawinan,    memperbaiki    jalan   dcsa,   membuat   saluran   air  dan  sebagainya, dalam   hal-hal   tersebut   mereka   akan  selalu  bekerjasama. Bentuk-bentuk     kerjasama    dalam   masyarakat    sering   diistilahkan    dengan gotong   royong   dan  tolong-menolong. Pekerjaan  gotong-royong   pada  waktu  sekarang  lebih populer  dengan  istilah kerja  bakti  misalnya   memperbaiki   jalan,   saluran  air,  menjaga   keamanan   desa (ronda   malam)   dan  sebagainya.

Sedang   mengenai   macamnya    pekerjaan    gotong-royong     (kerja   bakti)   itu ada  dua  macam,   yaitu   :

a)         Kerja  bersama   untuk   pekerjaan-pekerjaan      yang   timbulnya    dari  inisiatif warga   masyarakat    itu  sendiri   (biasanya   diistilahkan    dari  bawah).

b)         Kerjasama   untuk  pekerjaan-pekerjaan      yang  inisiatifnya    tidak  timbul  dari masyarakat     itu  sendiri   berasal   dari  luar  (biasanya   berasal   dari  atas).

Kerjasama      jenis     pertama      bias any a,   sungguh-sungguh         dirasakan kegunaannya   bagi mereka,  sedang jenis  kedua  biasanya  sering  kurang  dipahami kegunaannya.

    B.  HAKIKAT DAN SIFAT MASYARAKAT PEDESAAN

Seperti dikemukakan  oleh para ahli atau sumber bahwa masyarakat  In­ donesia  lebih  dari  80%  tinggal  di  pedesaan  dengan  mata  pencarian  yang bersifat agraris. Masyarakat pedesaan yang agraris biasanya dipandang antara sepintas kilas dinilai oleh orang-orang kota sebagai masyarakat tentang damai, harmonis  yaitu  masyarakat   yang  adem  ayem,  sehingga  oleh  orang  kota dianggap    sebagai    ternpat   untuk  melepaskan   lelah  dari  segala  kesibukan, keramaian  dan keruwetan  atau kekusutan  pikir.

Maka tidak jarang orang kota melepaskan segala kelelahan dan kekusutan pikir tersebut  pergilah  mereka ke luar kota, karena merupakan  tempat  yang adem ayem, penuh ketenangan. Tetapi sebetulnya ketenangan masyarakat pedesaan itu hanyalah terbawa oleh sifat masyarakat itu yang oleh Ferdinand Tonies diistilahkan dengan masyarakat gemeinschaft (paguyuban). Jadi Paguyuban masyarakat itulah yang menyebabkan orang-orang kota menilai sebagai  masyarakat  itu tenang  harmonis,  rukun  dan  damai  dengan julukan masyarakat  yang adem ayem.

Tetapi sebenarnya di dalam masyarakat pedesaan kita ini mengenal bermacam-macam  gejala,  khususnya  hal ini merupakan  sebab-sebab  bahwa di dalam masyarakat  pedesaan  penuh dengan ketegangan-ketegangan   sosial.

Menurut    Mubiyarto     petani    Indonesia     mempunyai     sifat-sifat     sebagai berikut   :

a)         Petani  itu tidak  kolot,  tidak  bodoh  atau  tidak  malas.  Mereka  sudah  bekerja keras  sebisa-bisanya     agar  tidak   mati  kelaparan.
b)         Sifat  hidup  penduduk   desa  at au para  petani   kecil  (petani   gurem) dengan rata-rata   luas  sawah  ± 0,5  ha  yang  serba  kekurangan   adalah  nrimo (menyerah  kepada  takdir)  karena  merasa  tidak berdaya.

Melanjutkan pandangan orang kota terhadap desa itu bukan tempat bekerja melainkan   untuk ketentraman  adalah tidak tepat karena justru  bekerja keras merupakan  kebiasaan  petani  agar dapat hidup.





Menurut   BF.  Hosolitz   bahwa  untuk  membangun    suatu  masyarakat     yang ekonominya   terbelakang   itu harus  dapat  menyediakan   suatu  sistem  perangsang yang  dapat  menarik  suatu  aktivitas  warga  masyarakat   itu dan harus  sedemikian rupa   sehingga    dapat   memperbesar     kegiatan    orang   bekerja,    memperbesar keinginan   orang  untuk  menghernat,   menabung,   keberanian   mengambil   resiko, dalam   hal  mengubah    seeara   revolusioner    eara-eara   yang  lama  yang  kurang produktif.

    C.   SISTEM NILAI BUDAYA PETANIINDONESIA

Para  ahli  disinyalir    bahwa   di  kalangan   petani   pedesaan   ada  suatu  eara berfikir   dan  mentalitas    yang  hidup   dan  bersifat   religio-magis.

Sistem   nilai  budaya   petani   Indonesia   antara   lain  sebagai   berikut   :

a)         Para  petani   di  Indonesia   terutama   di  lawn   pada  dasarnya    menganggap bahwa   hidupnya     itu   sebagai    sesuatu    hal   yang   buruk,    penuh    dosa, kesengsaraan.        Tetapi   itu tidak  berarti  bahwa  ia harus   menghindari    hid up yang   nyata    dan                     
menghindarkan diri   dengan    bersembunyi      di  dalam kebatinan atau   dengan    bertapa,    bahkan    sebaliknya     wajib   menyadari keburukan   hidup  itu dengan  jelas  berlaku   prihatin   dan  kemudian   sebaik­ baiknya   dengan   penuh   usaha  atau  ikhtiar.

b)         Mereka   beranggapan    bahwa   orang  bekerja   itu  untuk  hidup,  dan  kadang­
kadang   untuk  meneapai   kedudukannya,

e)         Mereka   berorientasi    pada   masa   ini  (sekarang),    kurang   memperdulikan masa depan,  mereka  kurang   mampu  untuk  itu. Bahkan   kadang-kadang    ia rindu masa  lampau,     mengenang      kekayaan     masa    lampau    (menanti datangnya   kembali   sang  ratu  adil yang  membawa   kekayaan   bagi  mereka).

d)         Mereka   menganggap    alam  tidak  menakutkan    bila  ada  beneana   alam  at au bencana  lain   itu  hanya   merupakan    sesuatu   yang   harus   wajib   diterima kurang  adanya  agar peristiwa-peristiwa     maeam  itu tidak  berulang  kembali. Mereka  cukup  saja dengan  menyesuaikan   diri dengan  alam,  kurang  adanya usaha   untuk  menguasainya.

e)         Dan   untuk   menghadapi    alam   mereka   cukup   dengan   hidup   bergotong­ royong,   mereka  sadar  bahwa  dalam  hidup  itu pada  hakikatnya   tergantung kepada   sesamanya.


Mentalitas   para  petani  seperti  di atas  perlu  dikaji  dan  diadakan   penelitian dan pembahasan   secara ilmiah dan mendalam  agar dapat diarahkan  kepada keberhasilan      pembangunan      yang   sekarang     ini   sedang    giat-giatnya      kita laksanakan.

Kurang   lebih  81,2%  dari  Wilayah   Indonesia   bertempat    tinggal   di  desa. Partisipasi   masyarakat   pedesaan   am at diperlukan   bagi  hasilnya   pembangunan dan sekaligus   akan  dapat  meningkatkan    penghidupan    masyarakat   di pedesaan.

Setiap  Program   Pembangunan    desa  dimaksudkan    untuk  membantu,    dan memacu   masyarakat    desa   membangun    pelbagai   sarana   dan  prasarana    desa yang   diperlukan.    Langkah    ataupun   kebijaksanaan     yang   akan   diambil   oleh pemerintah,    dalam   melaksanakan    pembangunan    perlu  diletakkan    dalam   satu kesatuan    dengan    daerah   kota   dalam   rangka   pengembangan     wilayah    yang terpadu.

    D.   UNSUR-UNSUR DESA

Daerah,  dalam  arti tanah-tanah  yang  produktif  dan  yang tidak,  beserta penggunaannya,  termasuk juga  unsur lokasi,  luas dan batas yang merupakan lingkungan  geografis  setempat. Penduduk, adalah hal yang meliputi jumlah pertambahan, kepadatan, persebaran  dan mata pencaharian  penduduk  desa setempat. Tata kehidupan, dalam hal ini pola pergaulan dan ikatan-ikatan pergaulan warga desa. Jadi menyangkut  seluk-beluk  kehidupan  masyarakat  desa (rural society). Ketiga  unsur  desa  ini tidak  lepas  satu  sarna lain,  artinya  tidak  berdiri sendiri,  melainkan  merupakan  satu kesatuan. Unsur daerah,  penduduk  dan tata kehidupan  merupakan  suatu kesatuan hidup atau "Living  unit".


Unsur lain  yang  termasuk   unsur  desa  yaitu,  unsur  letak.  Letak  suatu  desa pada   umumnya     selalu   jauh   dari   kota   at au  dari   pusat   pusat    keramaian. Peninjauan   ke desa-desa   atau perjalanan   ke desa  sarna artinya  dengan  menjahui kehidupan    di  kota   dan   lebih   mendekati    daerah-daerah     yang   monoton    dan sunyi.    Desa-desa     yang      pad a  perbatasan     kota   mempunyai     kemampuan berkembang    yang  lebih  ban yak  dari  pad a desa-desa    di  pedalaman.

Unsur   letak   menentukan    besar-kecilnya     isolasi   suatu   daerah   terhadap daerah-daerah    lainnya.Desa    yang  terletak  jauh  dari  batasan   kota  mempunyai tanah-tanah   pertanian   yang  luas.  Ini disebabkan   karena  penggunaan    tanahnya lebih   banyak   dititik   beratkan    pada   tanaman    pokok   dan  beberapa    tanaman perdagangan    ~aripada   gedung-gedung     atau  peru mahan. Penduduk    merupakan     unsur   yang   penting    bagi   desa.   "Potential     man power"   terdapat   di desa  yang  masih  terikat  hidupnya   dalam  bidang  pertanian.

Faktor     lingkungan       geografis       memberi      pengaruh      juga     terhadap kegotongroyongan      ini  misalnya   saja:

a.         Faktor  topografi   setempat   yang  memberikan    suatu  ajang  hid up dan  suatu bentuk   adaptasi   kepada   penduduk.

b.         Faktor   iklim   yang  dapat   memberikan    pengaruh    positif   maupun   negatif terhadap   penduduk    terutama   petani-petaninya.

c.         Faktor   bencana    alam   seperti   letusan   gunung,   gempa   bumi,   banjir   dan sebagainya      yang  harus  dihadapi   dan  dialami   bersama.

Jadi   persarnaan    nasib   dan   pengalaman     menimbulkan     hubungan    sosial yang  akrab.


    E.   FUNGSI DESA

Pertama,  dalam hubungannya  dengan kota, maka desa yang merupakan "hinterland"  atau daerah  dukung berfungsi  sebagai  suatu daerah  pemberian bahan makanan pokok seperti padi, jagung, ketela, di samping bahan makanan lain  seperti  kacang,  kedelai,  buah-buahan,  dan  bahan  makanan  lain  yang berasal dari hewan.

Kedua,  desa  ditinjau   dari  sudut  potensi   ekonomi   berfungsi   sebagai lumbung  bahan  mentah  (raw material)  dan tenaga  kerja  (man power)  yang tidak kecil artinya.

Ketiga, dari segi kegiatan kerja (occupation) desa dapat merupakan desa agraris,  desa manufaktur,  desa industri,  desa nelayan,  dan sebagainya.

Desa-desa di Jawa banyak berfungsi sebagai desa agraris. Beberapa desa di Jawa  sudah dapat pula  menunjukkan  perkembangan-perkembangan   yang baru, yaitu dengan timbulnya  industri-industri   kecil di daerah pedesaan dan rnerupakan  "rural  industries".

Masyarakat  desa  perkebunan  adalah  produsen  komoditi  untuk  ekspor. Peranan  mereka untuk  meningkatkan  volume dan kualitas  komoditi  seperti kelapa  sawit,  lada, kopi, teh, karet,  dan sebagainya  tidak kalah pentingnya dilihat  dari segi usaha untuk meningkatkan  ekspor  dan memperoleh  devisa yang  diperlukan   sebagai  dana  guna  mempercepat   proses  pembangunan. Peningkatan   hasil  dari  ekspor  komoditi   non  minyak  berarti  mengurangi ketergantungan   kita  dari  hasil  ekspor  minyak,  yang  pada  gilirannya  akan memperkuat    ketahanan    ekonomi   dalam   rangka   pembinaan    ketahanan nasional.

Dernikian  pula  sarna pentingnya  peranan  dari  masyarakat  desa  pantai sebagai   produsen   bahan   pangan   protein   tinggi.   Peranan   mereka   perlu ditingkatkan    dan  dibina  sedemikian   rupa,  sehingga   hasil  usaha  mereka  berupa ikan   dan   udang   tidak   hanya   melayani    kebutuhan    konsumsi    dalam   negeri, tetapi  juga   untuk   ekspor.

Keberhasilan      dalam    menggali     dan   mengembangkan       potensi    daerah pedesaan    yang   bermacam-macam      itu  akan   memperkuat     ketahanan    secara nasional.

Wadah  pengorganisasian     itu sudah  ada antara  lain  yang  disebut  Lembaga Sosial  Desa  yang  kemudian   fungsinya   disempurnakan    serta  ditingkatkan    sejak akhir    Maret    1980,   dan   namanya     diganti    menjadi    Lembaga     Ketahanan Masyarakat    Desa  berdasarkan    Keputusan    Presiden   No.28   Tahun   1980.

Dalam  keputusan   itu an tara  lain dikatakan   bahwa  desa  secara  keseluruhan merupakan    landasan   ketahanan    nasional   dan  perlu   memiliki   suatu   lembaga desa  sebagai   wadah  partisipasi   masyarakat    dalam  rangka   pembangunan    desa yang  menyeJuruh   dan terpadu.  Lembaga  demikian  harus  mampu  merencanakan dan   melaksanakan       pembangunan      di   desa   sehingga     dapat    mewujudkan ketahanan    desa  yang  mantap.

Desa   biasanya    didiami    oleh   beberapa    ribu   orang   saja,   yang   sebagian besar   masih   keluarga/kerabat.      Maka   sering   kita  jumpai    bahwa   satu   desa tersebut   merupakan    satu  saudara   semua/kerabat.     Untuk   mengatur   hubungan kekeluargaan    menjadi   lebih  de kat,  maka  kerabat   yang  strukturnya   sudah  jauh dikawinkan    dengan   keturunannya.     Hal  ini  disebabkan    juga   oleh   cakrawala pandangan    orang  desa/hubungan     orang  desa  yang  relatif   terbatas.   Bagi  desa yang   subur,   biasanya   jumlah    penduduknya     padat   misalnya    :  desa-desa    di pulau  Jawa,   Madura,   dan  Bali.  Hal  ini  terjadi   karena   banyaknya    pendatang baru   desa   lain   di  sekelilingnya.     Dengan   pol a  perkembangan     penduduk    di desa  seperti  di  atas,  pada  umumnya   masyarakat    desa  merupakan    masyarakat yang  homogen.

Hubungan   sosial  pada  masyarakat    desa  terjadi   secara  kekeluargaan,    dan jauh  menyangkut    masalah-masalah     pribadi.   Satu  dengan   yang  lain  mengenal secara   rap at,  menghayati    secara   mendasar.    Suka   atau  duka   yang  dirasakan oleh   salah   satu   anggota   akan   dirasakan    oleh   seluruh   anggota.    Pertemuan­ pertemuan   dan kerja  sarna untuk  kepentingan   sosiallebih    diutamakan   daripada kepentingan    individu.   Segala   kehidupan   sehari-hari    diwarnai   dengan   gotong royong.   Misalnya   mendirikan    rumah,   mengerjakan    sawah,   menggali   sumur, maupun   melayat   orang   meninggal.

Dari  uraian  di atas,  maka  secara  singkat   ciri-ciri   masyarakat   pedesaan   di
Indonesia   pada   umumnya   dapat  disimpulkan    sebagai   beriktu   :

(1)   Homogenitas    Sosial

Bahwa   masyarakat    desa  pada   umumnya   terdiri   dari  satu  atau  beberapa kekerabatan    saja,  sehingga   pola  hidup  tingkah   laku  maupun   kebudayaan samalhomogen.     Oleh  karen a itu  hidup  di  desa  biasanya   terasa   tenteram am an dan  tenang.   Hal  ini  disebabkan    oleh  pola  pikir,  pola  penyikap   dan pola  pandangan   yang  sama  dari  setiap  warganya   dalam  menghadapi   suatu masalah.    Kebersamaan,     kesederhanaan     keserasian    dan  kemanunggalan
selalu   menjiwai   setiap   warga   masyarakat    desa  tersebut.

(2)   Hubungan    Primer

Pada    masyarakat       desa    hubungan      kekeluargaan       dilakukan      secara musyawarah.     Mulai   masalah-rnasalah      umum/masalah     bersama    sampai masalah    pribadi.    Anggota    masyarakat     satu   dengan    yang   lain   saling men genal  secara  intim.  Pada  masyarakat   desa  masalah   kebersamaan    dan gotong  royong  sangat  diutamakan,   walaupun  secara  materi  mungkin  sangat kurang   atau  tidak  mengijinkan.

(3)   Kontrol   Sosial   yang  Ketat

Di atas  dikemukakan    bahwa  hubungan   pad a masyarakat   pedesaan   sangat intim   dan   diutamakan,     sehingga    setiap   anggota    masyarakatnya     saling mengetahui     masalah    yang   dihadapi    anggota    yang   lain.   Bahkan    ikut mengurus   terlalu  jauh  masalah   dan  kepentingan   dari  anggota   masyarakat yang   lain.   Kekurangan     dari   salah   satu   anggota    masyarakat,     adalah merupakan       kewajiban       anggota      yang    lain    untuk     menyoroti      dan membenahinya.

(4)   Gotong   Royong

Nilai-nilai   gotong  royong  pada  masyarakat   pedesaan  tumbuh  dengan  subur dan  membudaya.    Semua  masalah   kehidupan   dilaksankaan    secara  gotong royong,   baik   dalam   arti  gotong   royong   murni   maupun   gotong   royong timbal     balik.    Gotong     royong     murni    dan    sukarela     misalnya      :  melayat, mendirikan     rumah   dan  sebagainya.      Sedangkan     gotong    royong    timbal   balik misalnya       :  mengerjakan        sawah,     nyumbang       dalam     hajat    tertentu      dan sebagainya.

(5)    Ikatan  Sosial

Setiap    anggota    masyarakat     desa   diikat    dengan    nilai-nilai     adat   dan kebudayaan    secara  ketat.  Bagi  anggota   yang  tidak  memenuhi   norma  dan kaidah  yang  sudah  disepakati,   akan  dihukum   dan  dikeluarkan   dari  ikatan sosial   dengan   cara   mengucilkan/memencilkan.        Oleh   karena   itu  setiap anggota  harus  patuh  dan taat melaksanakan   aturan  yang  ditentukan.   Lebih­ lebih   bagi   anggota   yang   baru   datang,   ia  akan   diakui   menjadi   anggota masyarakat    tersebut   (ikatan   sosial  tersebut).

(6)   Magis   Religius

Kepercayaan    kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  bagi  masyarakat   desa  sangat mendalam.   Bahkan  setiap  kegiatan   kehidupan   sehari-hari   dijiwai   bahkan diarahkan     kepadanya.      Sering    kita   jumpai    orang    Jawa    mengadakan selamatan-selamatan      untuk   meminta   rezeki,   minta   perlindungan,     minta diampuni   dan  sebagainya.

(7)   Pola  Kehidupan

Masyarakat    desa  bermata   pencaharian    di bidang   agraris,   baik  pertanian, perkebunan,    perikanan    dan  peternakan.    Pada  umumnya    setiap   anggota hanya  mampu  rnelaksanakan    salah  satu  bidang  kehidupan   saja.  Misalnya para   petani,   bahwa   pertanian    merupakan    satu-satunya     pekerjaan    yang harus    ia  tekuni    dengan    baik.    Bilamana     bidang    pertanian     tersebut kegiatannya   kosong,   maka  ia hanya  menunggu   sampai  ada  lagi  kekgiatan di  bidang   pertanian.

Di  samping    itu   dalam    mengolah     pertanian     semata-mata      tetap/tidak ada   perubahan     atau   kemajuan.     Hal   ini  disebabkan     pengetahuan     dan keterampilan     para   petani   yang   masih   kurang    memadai.    Olah   karena itu   masyarakat      desa    sering    dikatakan     masyarakat      yang    statis    dan monoton.

5.  URBANISASI   DAN  URBANISME


Sehubungan     dengan    perbedaan     antara    masyarakat     pedesaan     dengan masyarakat     perkotaan,     kiranya    perlu   pula   disinggung     perihal    urbanisasi. Urbanisasi    adalah   suatu   proses   berpindahnya     penduduk    dari   desa   ke  kota atau   dapat   pula   dikatakan    bahwa   urbanisasi    merupakan    proses   terjadinya masyarakat    perkotaan.

Proses   urbanisasi    boleh   dikatakan    terjadi   di  seluruh   dunia,   baik   pada negara-negara    yang  sudah  maju  industrinya   mupun  yang  secara  relatif  belum memiliki   industri.   Bahwa   urbanisasi    mempunyai    akibat-akibat    yang  negatif terutama   dirasakan    oleh   negara   yang   agraris   seperti   Indonesia    ini.  Hal  ini terutama   disebabkan   karena  pada  umumnya   produksi   pertanian   sangat  rendah apabila    dibandingkan     dengan   jumlah    manusia    yang   dipergunakan     dalam produksi   tersebut   dan  boleh   dikatakan    bahwa   faktor   kebanyakan    penduduk dalam  suatu  daerah  "over-population"     merupakan   gejala  yang  umum  di negara agraris   yang  secara   ekonomis   masih   terbelakang.

Proses   urbansiasi    dapat  terjadi   dengan   lambat   maupun   cepat,   hal  mana tergantung   daripada   keadaan   masyarakat    yang  bersangkutan.    Proses  tersebut terjadi   dengan   menyangkut    dua  aspek,   yaitu   :

-          perubahannya     masyarakat    desa  menjadi   masyarakat    kota

-          bertambahnya   penduduk  kota yang  disebabkan   oleh mengalirnya   penduduk yang  berasal  dari  desa-desa   (pada  umumnya   disebabkan   karena  penduduk desa  merasa   tertarik   oleh  keadaan   di  kota).

Sehubungan    dengan   proses   tersebut   di  atas,   maka   ada  beberapa    sebab yang  mengakibatkan    suatu  daerah  tempat  tinggal   mempunyai   penduduk   yang baik.  Artinya   adalah,   sebab  suatu  daerah   mempunyai    daya  tarik  sedemikian rupa,  sehingga   orang-orang    pendatang    semakin   banyak.   Secara   umum  dapat dikatakan   bahwa   sebab-sebabnya     adalah   sebagai   berikut   :

1)         Daerah  yang  term as uk menjadi   pusat  pemerintahan    atau  menjadi   ibukota
(seperti   contohnya    Jakarta).

2)         Tempat    tersebut    letaknya    sangat    strategis    sekali    untuk    usaha-usaha perdagangan/perniagaan,            seperti   misalnya    sebuah   kota   pelabuhan    atau sebuah kota   yang   letaknya    dekat   pada   sumber-sumber atau bahan-bahan mentah.

3)         Timbulnya    industri   di  daerah   itu,  yang  memproduksikan     barang-barang maupun  jasa-jasa.

Persekutuan   hidup  yang  paling  kecil  dimulai  saat manusia  primitif  mencari makan,   yaitu   dengan   berburu,    sebagai   migrator,    nomad   berjumlah    10·300 orang.     Kenyataan       ini   disesuaikan       dengan     persediaan       makanannya, berkembangnya     cara  bertani   menyebabkan    lahirnya   suatu  persekutuan    hidup permanen    pada   suatu   tempat,   kampung,    babakan,    dengan   sifat   yang   khas, yaitu  : (a)  kekeluargaan,    (b)  adanya  kolektivitas    dalam  pembagian   tanah  dan pengerjaannya    (c) ada  kesatuan   ekonomis   yang  memenuhi   kebutuhan   sendiri. Persekutuan   hidup  ini akan  berubah  dengan  berkembangnya    sistem  kapitalisme dan  masyarakat    industri,   artinya   dengan   berkembangnya     ilmu  pengetahuan dan teknologi.   Menurut   Koentjaraningrat,    suatu  masyarakat   desa  menjadi  suatu
persekutuan    hidup  dan  kesatuan   sosial  didasarkan    atas  dua  macam   prinsip   :

a.
prinsip
hubungan
 kekerabatan    (geneologis),
b.
prinsip
hubungan
 tinggal   dekat/teritorial.

Prinsip   ini  tidak   lengkap   apabila   yang  mengikat   adanya   aktivitas   tidak diikutsertakan,     yaitu   :

a.     tujuan   khusus   yang  ditentukan    oleh  faktor   ekologis,

b.    prinsip   yang  datang   dari  "atas"   oleh  aturan   dan  undang-undang.

Lingkungan    hubungan    yang   ditentukan    oleh   berbagai    prinsip   tersebut hubungannya     saling   terjaring,    yang   batas-batasnya     berbeda-beda:     mungkin dengan    pola   konsentris,     artinya    hubungan    tiap   individu    dimulai    dengan lingkungan   kecil  mencakup   kerabat  dan tetangga   dekat,  atau dengan  hubungan terjaring   dengan   pola  terkupas,   di  mana  orang  bergaul   untuk  suatu  lapangan kehidupan    dalam   batas   lingkungan     sosial   tertentu,    tetapi   termasuk-tidak termasuk   warga  dan  lingkungan   tadi.  Dalam  pola  ini mungkin   terjadi  prinsip
hubungan   tempat  tinggal  dekat,  kebutuhan   khusus,  ekologi,   atau  kekerabatan.

6. PERBEDAAN MASYARAKAT PEDESAAN DENGAN MASYARAKAT PERKOTAAN

Masyarakat    pedesaan    kehidupannya     berbeda   dengan   masyarakat perkotaan.   Perbedaan-perbedaan    ini  berasal  dari  adanya  perbedaan   yang mendasar  dari  keadaan  lingkungan,   yang  mengakibatkan   adanya  dampak terhadap  personalitas  dan  segi-segi  kehidupan.  Kesan  populer  masyarakat perkotaan terhadap masyarakat pedesaan adalah bodoh, lambat dalam berpikir
dan  bertindak,    serta  mudah   "tertipu",    dan  sebagainya.    Kesan  ini  disebabkan masyarakat    perkotaan   mengamatinya    hanya  sepintas,   tidak  banyak   tahu,  dan kurang    pengalaman      dengan    keadaan    lingkungan     pedesaan.     Masyarakat pedesaan   dan  masyarakat    perkotaan    memiliki   ciri  sendiri-sendiri.     Mengenal ciri-ciri    masyarakat    pedesaan    pedesaan    akan   lebih   mudah   dan   lebih   baik dengan   membandingkannya      dengan   kehidupan    masyarakat    perkotaan.

Masyarakat   kota  ditekankan   dari  pengertian   kotanya  dengan  ciri dan  sifat kehidupannya    serta  kekhasan   dalam  interes  hidupnya.   Dalam  masyarakat   kata kebutuhan    primer   dihubungkan     dengan   status   sosial   dan  gaya   hidup   masa kini  sebagai   manusia   modern.


Masyarakat   pedesaan   maupun  masyarakat   perkotaan   masing-masing    dapat diperlakukan    sebagai  sistem  jaringan   hubungan   yang  kekal  dan  penting,   serta dapat  pula  dibedakan   masyarakat   yang  bersangkutan    dengan  masyarakat   yang lain.  Oleh  karena   itu,  mempelajari    suatu  masyarakat    berarti   dapat  berbicara soal  struktur   sosial.   Untuk   menjelaskan    perbedaan    at au  ciri-ciri   dari  kedua masyarakat    tersebut,    dapat   ditelusuri    dalam   hal  lingkungan    umumnya    dan orientasi   terhadap   alam,  pekerjaan,    ukuran   kornunitas,    kepadatan   penduduk, homogenitas-heterogenitas,         diferensiasi     sosial,   pelapisan    sosial,    mobilitas sosial,    interaksi    sosial,    pengendalian     sosial,    pola   kepemimpinan,      ukuran kehidupan,    solidaritas    sosial,   dan  nilai  atau  sistem   nilainya.


1.   LlNGKUNGAN UMUM DAN ORIENTASI TERHADAP ALAM

Masyarakat    pedesaan   berhubungan    kuat  dengan   alam,   disebabkan    oleh lokasi  geografinya   di daerah  desa.  Mereka  suI it "mengontrol"    kenyataan   alam yang  dihadapinya,    padahal   bagi  petani   realitas   alam  ini  sang at  vital  dalam menunjang    kehidupannya.

Penduduk   yang  tinggal  di desa  akan  banyak  ditentukan   oleh  kepercayaan­ kepercayaan   dan hukum-hukum    alam,  seperti  dalam  pola  berpikir  dan  falsafah hidupnya.   Tentu  akan  berbeda   dengan   penduduk   yang  tinggal   di  kota,  yang kehidupannya     "bebas"    dari   realitas   alam,   Misalnya    dalam   bercocok    tanah dan  menuai  harus  pad a waktunya,   sehingga  ada kecenderungan    nrimo,  Padahal mata  pencaharian    juga   menentukan    relasi   dan  reaksi   sosial.


2.   PEKERJAAN ATAU MATA PENCAHARIAN

Pada  umumnya  atau kebanyakan   mata  pencaharian   daerah  pedesaan  adalah bertani.    Tetapi    mata   pencaharian     berdagang    (bidang    ekonomi)    pekerjaan sekunder   dari  pekerjaan   yang  nonpertanian.    Sebab  beberapa   daerah  pertanian tidak  lepas  dari kegiatan   usaha  (business)   atau industri,  demikian  pula  kegiatan mata   pencaharian      keluarga     untuk    tujuan    hidupnya     lebih    luas   lagi.   Di masyarakat    kota   mata   pencaharian    cenderung    menjadi    terspesialisasi,     dan spesialisasi    itu  sendiri  dapat  dikembangkan,     mungkin   menjadi   manajer   suatu perusahaan,    ketua  atau  pimpinan   dalam   suatu  birokrasi.    Sebaliknya    seorang petani   harus   kompeten    dalam   bermacam-macam      keahlian    seperti   keahlian memelihara    tanah,   bercocok    tanam,   penyakit,    pemasaran,    dan   sebagainya. Jadi,   petani   keahliannya     lebih   luas   bila   dibandingkan     dengan   masyarakat kota.


3.   UKURAN KOMUNITAS

Komunitas   pedesaan  biasanya  lebih  kecil dari komunitas   perkotaan.   Dalam mata  pencaharian   di bidang  pertanian,   imbangan   tanah  dengan  manusia   cukup tinggi   bila   dibandingkan     dengan    industri;    dan   akibatnya    daerah   pedesaan mempunyai   penduduk   yang  rendah  per kilometer   perseginya.   Tanah  pertanian luasnya   bervariasi.    Bergantung    kepada   tipe  usaha  taninya,   tanah  yang  cukup luasnya sanggup menampung  usaha tani dan usaha ternak sesuai dengan kemampuannya.     Oleh   sebab   itu  komunitas    pedesaan    lebih   kecil   daripada komunitas   perkotaan.


4.   KEPADATAN PENDUDUK

Penduduk    desa   kepadatannya     lebih   rendah   bila   dibandingkan     dengan kepadatan  penduduk kota. Kepadatan  penduduk suatu komunitas  kenaikannya berhubungan     dengan    klasifikasi     dari   kota   itu   sendiri.    Contohnya     dalam perubahan-perubahan      permukiman,    dari  penghuni   satu  keluarga    (individual family)  menjadi  pembangunan   multikeluarga   dengan  flat dan apartemen   seperti yang  terjadi   di  kota.


5.   HOMOGENITAS DAN HETEROGENITAS

Homogenitas   atau persamaan   dalam  ciri-ciri  sosial  dan psikologis,   bahasa, kepercayaan,     adat-istiadat,     dan   perilaku    sering   nampak    pada   masyarakat pedesaan  bila dibandingkan   dengan  masyarakat   perkotaan.   Kampung-kampung bagian  dari  suatu  masyarakat   desa  mengenai   minat  dan  pekerjaannya    hampir sama.    sehingga     kontak    tatap    muka    lebih    sering.    Di   kota    sebaliknya, penduduknya     heterogen,     terdiri    dari   orang-orang     dengan    macam-macam subkultur   dan  kesenangan,    kebudayaan,    mata  pencaharian.    Sebagai   contoh, dalam  perilaku,   dan  juga   bahasa,   penduduk   di  kota  lebih  heterogen.    Hal  ini karena    daya   tarik   dari   mata   pencaharian,      pendidikan,     komunikasi,      dan transportasi,    menyebabkan    kota  menarik   orang-orang    dari berbagai   kelompok etnis   untuk  berkumpul    di  kota.

6.   DIFERENSIASI SOSIAL

Keadaan  heterogen  dari  penduduk  kota  berindikasi  pentingnya  derajat yang tinggi di dalam diferensiasi  sosial. Fasilitas kota, hal-hal yang berguna, pendidikan, rekreasi, agama, bisnis, dan fasilitas peru mahan (tempat tinggal), menyebabkan terorganisasi-nya  berbagai keperluan, adanya pembagian pekerjaan, dan adanya saling membutuhkan serta saling tergantung. Kenyataan ini bertentangan  dengan  bagian-bagian  kehidupan  di masyarakat  pedesaan. Tingkat homogenitas alami ini cukup tinggi, dan relatif berdiri sendiri dengan derajat  yang rendah  daripada  diferensiasi  sosial.

7.   PELAPISAN SOSIAL

Klas  sosial  di dalam  masyarakat  sering  nampak  dalam  perwujudannya seperti "piramida  sosial", yaitu klas-klas yang tinggi berada pada posisi atas piramida, klas menengah ada di antara kedua tingkat klas eksterm dari masyarakat.

Ada beberapa perbedaan "pelapisan sosial tak resmi" ini antara masyarakat desa dan masyarakat  kota:

a.    Pada masyarakat  kota aspek kehidupan pekerjaan,  ekonomi, atau sosial­
politik  lebih banyak  sistem pelapisannya  dibandingkan  dengan di desa.

b.         Pad a  masyarakat   desa  kesenjangan   (gap)  antara  klas  eksterm  dalam piramida sosial tidak terlalu besar, sedangkan pada masyarakat kota jarak antara klas eksterm yang kaya dan miskin cukup besar. Di daerah pedesaan tingkatannya  hanya kaya dan miskin  saja.

c.         Pada  umumnya   masyarakat   pedesaan   cenderung   berada   pada   klas menengah  menu rut  ukuran  desa,  sebab  orang  kay a dan  orang  miskin sering bergeser  ke kota. Kepindahan  orang miskin  ini disebabkan  tidak mempunyai  tanah,  mencari  pekerjaan  ke  kota,  atau  ikut  transmigrasi. Apa  yang  dibutuhkan  dan  diinginkan  dari  golongan  miskin  ini  sering desa tidak mampu  mengatasinya.

d.    Ketentuan kasta dan contoh-contoh perilaku yang dibutuhkan sistem kasta tidak banyak terdapat, tetapi di Indonesia, khususnya di Bali, ada ketentuan klas ini. Dalam kitab-kitab  suci orang Bali, masyarakat terbagi ke dalam empat lapisan, yaitu Brahmana,  Satria, Vesia, dan Sudra. Ketiga lapisan yang tersebut pertama menjadi satu dengan istilah Triwangsa, berhadapan dengan  yang  disebut  Jaba  untuk  lapisan  keempat,  yang  hanya  bagian terkecil dari seluruh masyarakat Bali, baik di kota maupun di desa. Lapisan

8.   MOBILITAS SOSIAL

Mobilitas sosial berkaitan dengan perpindahan atau pergerakan suatu kelompok  sosial  ke  kelompok   sosial  lainnya;   mobilitas  kerja  dari  suatu pekerjaan ke pekerjaan lainnya; mobiltias teritorial dari daerah desa ke kota, dari kota ke desa, atau di daerah  desa dan kota  sendiri.

Terjadinya peristiwa mobilitas sosial demikian disebabkan oleh penduduk kota yang heterogen, terkonsentrasinya  kelembagaan-kelembagaan,  saling tergantungnya  organisasi-organisasi,   dan tingginya  diferensiasi  sosial.

Demikian pula di kota. Maka mobilitas sering terjadi di kota dibandingkan dengan di daerah pedesaan. Mobilitas teritorial (wilayah) di kota lebih sering ditemukan daripada di daeraha pedesaan, dan segi-segi penting dari mobilitas tersebut  adalah  :

a.         Banyak penduduk  yang pindah kamar atau rumah ke kamar atau rumah lain,  karena  sistem  kontrak  yang  terdapat  di  kota;  dan  di  desa  tidak demikian.
b.         Waktu  yang  tersedia  bagi  penduduk  kota  untuk  berpergian  per  satuan penduduk  lebih banyak  dibandingkan  dengan  orang-orang  desa.

c.         Berpergian  setiap  hari  di  dalam  atau di  luar  dan  pusat  penduduk,  di daerah  kota lebih besar dibandingkan  dengan penduduk  di desa.

d.    Waktu  luang  di  kota  lebih  sedikit   dibandingkan   dengan   di  daerah pedesaan,  sebab mobilitas  penduduk  kota lebih tinggi.

Hal  lain,  mobilitas   atau  peripindahan   penduduk   dari  desa  ke  kota (urbanisasi)  lebih banyak ketimbang  dari kota ke desa. Tipe desa pertanian dan  kebiasaan  pindah  mempengaruhi  mobilitas  sosial,  seperti  perpindahan yang berkaitan dengan mencari kerja, ada yang menetap atau tinggal sementara, sesuai dengan musim dan waktu pengolahan pertanian. Apabila dibandingkan, penduduk kota lebih dinamis dan mobilitasnya cukup tinggi. Kesemuanya berbeda dalam hal waktu dan arah mobilitasnya.  Pergerakannya  dapat terjadi secara  bertahap,   baik  arahnya   secara   horizontal    ataupun   vertikal.   Kebiasaan ini  di  desa  kurang   terlihat,   dan  di  kota  lebih  memungkinkan     dengan   waktu yang  relatif   singkat.


9.   INTERAKSI SOSIAL

Tipe  interaksi  sosial di desa dan di kota perbedaannya  sangat  kontras, baik aspek kualitasnya  maupun kuantitasnya.  Perbedaan  yang penting dalam interaksi  sosial di daerah  pedesaan  dan perkotaan,  di antaranya  :

a.    Masyarakat   pedesaan   lebih  sedikit  jumlahnya   dan  tingkat  mobilitas sosialnya rendah, maka kontak pribadi per individu lebih sedikit. Demikian pula  kontak  melalui  radio,  televisi,  majalah,  poster,  koran,  dan  media lain yang lebih  sophisticated.

b.    Dalam kontak sosial berbeda secara kuantitatif  maupun secara kualitatif.
Penduduk  kota  lebih  sering  kontak,  tetapi  cenderung  formal  sepintas lalu,  dan  tidak  bersifat  pribadi  (impersonal),  tetapi  melalui  tugas  atau kepentingan yang lain. Di desa kontak sosial terjadi lebih banyak dengan tatap  muka,  ramah-tamah  (informal),  dan  pribadi.  Hal  yang  lain  pada masyarakat pedesaan, daerah jangkauan kontak sosialnya biasanya terbatas dan sempit. Di kota kontak sosial lebih tersebar  pada daerah yang luas, melalui   perdagangan,   perusahaan,   industri,   pemerintah,   pendidikan, agama, dan sebagainya.  Kontak  sosial di kota penyebabnya  bermacam­ macam  dan  bervariasi   bila  dibandingkan   dengan  "dunia  kecil"   atau masyarakat  pedesaan.


10. PENGAWASAN SOS/AL

Tekanan sosial oleh masyarakat di pedesaan lebih kuat karena kontaknya yang bersifat pribadi dan ramah-tamah (informal), dan keadaan masyarakatnya yang homogen. Penyesuaian terhadap norma-norma sosiallebih  tinggi dengan tekanan sosial yang informal, dan nantinya dapat berarti sebagai pengawasan sosial.  Di  kota  pengawasan   sosial  lebih  bersifat  formal,  pribadi,  kurang "terkena"  aturan yang ditegakkan,  dan peraturan  lebih menyangkut  masalah pelanggaran.


11. POLA KEPEM/MP/NAN

Menentukan  kepemimpinan  di daerah pedesaan cenderung  banyak ditentukan  oleh  kualitas  pribadi  dari  individdu  dibandingkan  dengan  kota. Keadaan   ini  disebabkan    oleh  lebih  luasnya   kontak   tatap  muka,  dan  individu lebih   banyak   saling   mengetahui    daripada    di  daerah   kota.   Misalnya    karena kesalehan,   kejujuran,  jiwa  pengorbanannya,    dan pengalamannya.    Kalau kriteria ini  melekat    terus   pada   generasi    selanjutnya,     maka   kriteria    keturunan    pun akan  menentukan    kepemimpinan     di  pedesaan.


12. STANDAR KEH/DUPAN

Berbagai    alat   yang   menyenangkan      di  rumah,    keperluan    masyarakat, pendidikan,    rekreasi,   fasilitas   agama,   dan  fasilitas   lain  akan  membahagiakan kehidupan    bila  disediakan    dan  cukup   nyata   dirasakan    oleh   penduduk    yang jumlahnya    padat.   Di  kota,   dengan   konsentrasi    dan  jumlah    penduduk    yang padat,  tersedia   dan  ada  kesanggupan    dalam  menyediakan    kebutuhan   tersebut, sedangkan   di desa  terkadang   tidak  demikian.   Orientasi   hidup  dan  pola  berpikir masyarakat   desa  yang  sederhana   dan  standar  hidup  demikian   kurang  mendapat perhatian.


13. KESET/AKAWANAN SOS/AL

Kesetiakawanan     sosial   (social   solidarity)    atau   kepaduan    dan  kesatuan, pada  masyarakat   pedesaan   dan  masyarakat    perkotaan   banyak  ditentukan   oleh masing-masing     faktor   yang   berbeda.    Pada  masyarakat    pedesaan    kepanduan dan  kesatuan   merupakan    akibat  dari  sifat-sifat   yang  sarna,  persamaan    dalam pengalaman,    tujuan     yang  sarna,  di  mana   bagian   dari  masyarakat    pedesaan hubungan    pribadinya     bersifat    informal    dan   tidak   bersifat    kontrak    sosial (perjanjian).   Pada  masyarakat   pedesaan  ada kegiatan  tolong-menolong    (gotong­ royong)  dan  musyawarah,    yang  pada  saat  sekarang   masih  dirasakan   meskipun banyak    pengaruh    dari   gagasan    ideologis    dan   ekonomis    (padat   karya)    ke pedesaan.    Kesatuan   dan  kepaduan   di  daerah   perkotaan    berbeda.


14. NILAI DAN SISTEM NILAI

Nilai dan sistem nilai di desa dengan di kota berbeda, dan dapat diamati dalam kebiasaan,  cara, dan norma yang berlaku.  Pada masyarakat  pedesaan, misalnya  mengenai  nilai-nilai  keluarga,  dalam  masalah  pola  bergaul  dan mencari  jodoh  kepala  keluarga  masih  berperan.  Nilai-nilai   agama  masih dipegang  kuat  dalam  bentuk  pendidikan   agama  (madrasah).   Aktivitasnya nampak hidup (fenomenanya). Bentuk-bentuk ritual agama yang berhubungan dengan kehidupan  atau proses  mencapai dewasanya  manusia, selalui diikuti dengan upacara-upacara. Nilai-nilai pendidikan belum merupakan orientasi bernilai   penuh  bagi  penduduk   desa,  cukup  dengan   bisa  baca-tulis   dan pendidikan  agama.  Dalam hal nilai-nilai  ekonomi,  terlihat  pada pola  usaha taninya  yang masih bersifat  subsistem  tradisional,  kurang  berorientasi  pada ekonomi. Masih banyak nilai lainnya yang berbeda dengan masyarakat kota. Dalam  hal  ini  masyarakat  kota  bertentangan   atau  tidak  sepenuhnya  sarna dengan  sistem nilai di desa.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar